Review: Kalahkan Sriwijaya, PERSIB Runner Up

PERSIB berhasil mengamankan posisi kedua di klasemen akhir ISL 2014 Grup Barat setelah mengalahkan tuan rumah Sriwijaya FC 3-2 dalam laga pamungkas di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat (05/9).
Maung Bandung sudah unggul sejak menit ke-13. Sepakan keras kaki kanan Tantan yang tak terduga tak mampu diantisipasi oleh penjaga gawang SFC, Selsius Gebze. PERSIB unggul sementara 1-0.
Tendangan keras jarak jauh dari Makan Konate mampu membobol gawang SFC untuk kedua kalinya di menit ke-27. Sriwijaya FC tertinggal 2-0. Hanya selang tiga menit, Konate kembali menebar ancaman di sektor sayap kanan. Sepakan luar kotak penalti pun kembali dilepaskan namun kali ini Gebze menghalau bola ke luar lapangan.
Tuan rumah akhirnya memperpendek jarak dengan gol di menit 34 melalui Syakir Sulaeman memanfaatkan tendangan penjuru Siswanto. Skor berubah 2-1. Hingga interval pertama usai, skor tidak berubah.
Di interval kedua, Sriwijaya mulai menekan tim tamu. Lancine Kone mengeksekusi sepakan bola mati dari luar kotak penalti pada menit ke-57. Namun, Made dengan baik menghalau bola keluar.
Maung Bandung terus menggempur barisan pertahanan SFC. Masuknya Ferdinand Sinaga di menit 57 menggantikan Djibril membuat lini depan PERSIB menjadi lebih segar. Peluang pun didapat Ferdinand di menit 73 usai menerima umpan Firman. Sayang, sang pemain gagal mengonversikannya menjadi gol.
Sepuluh menit kemudian Sriwijya balik menyerang. Namun, serangan yang dibangun anak asuh Subangkit masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Made. PERSIB memperbesar keunggulan 3-1 melalui Atep di menit 84. Tembakan kerasnya gagal dibendung Gebze.
SFC sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 setelah Rizky Dwi Ramadhana mencetak gol di menit ke-89. Skor akhir tetap tidak berubah bagi kemenangan PERSIB.
Atas hasil tersebut, PERSIB finis di posisi kedua dengan nilai 41, menggeser Semen Padang yang turun ke peringkat ketiga dengan 38 poin.
Berikut susunan pemain kedua kesebelasan.
Sriwijaya FC: Selsius Gebze (PG), Jeky Arisandi, M. Hamzah (Siswanto ’17), Abdoulaye Maiga, Ahmad Sumardi, Asri Akbar (C), Vendry Mofu (Septariyanto ’63), Frank Ongfiang (Rizky Dwi ’46), Syakir Sulaiman, Yohanes Nabar, Lancine Kone. Maung Bandung pun juga akan bertarung di Babak Delapan Besar.
Pelatih: Subangkit.
PERSIB: I Made Wirawan (PG), Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Supardi, Hariono, Taufiq, Firman Utina, Makan Konate, Tantan (Atep ’68), Djibril Coulibaly (Ferdinand Sinaga ’57).
Pelatih: Djadjang Nurdjaman. ***

What's on Your Mind...